Rumah Pohon Tahura Wan Abdul Rachman

  • Whatsapp
Rumah Pohon Tahura Wan Abdul Rachman
Foto:@_jodihariawanjaya27

Bingung mengisi waktu libur akhir pekan anda dan ingin mengisinya dengan mengunjungi tempat yang menyejukkan? Sepertinya rumah pohon tahura Wan Abdul Rachman (GunungBetung) yang terletak di Lampung bisa anda pilih untuk menjadi destinasi libur akhir pekan anda.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Bacaan Lainnya

Kawasan Wan Abdul Rachman disebut juga sebagai kawasan hutan rakyat. Jika di Provinsi Yogyakarta anda akan mengenal Kalibiru, nah di kawasan Lampung anda juga bisa menemukan tempat seindah Kalibiru. Kawasan ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, namun semakin berkembang pesat.

Lokasi 

Tahura Wan Abdul Rachman lebih tepatnya terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling. Cara menuju lokasi ini dari Kota Bandar Lampung sebenarnya sudah cukup mudah namun sayangnya masih terkendala dengan belum adanya transportasi umum yang bisa mengantarkan anda ke tempat ini. Jika anda dari Kota Bandar Lampung, anda bisa menuju ke Kecamatan Kemiling terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa mengarahkan ke SMAN 7 dan SLB tinggal ikuti jalan saja hingga nantinya anda akan menemukan Kelurahan Sumber Agung.

Apa Saja Yang Bisa Anda Temui di Rumah Pohon Tahura Wan Abdul Rachman?

Menariknya, selain menyuguhkan pemandangan alam yang cantik. Tempat ini juga memiliki penangkaran Rusa di area Tahura Abdul Rachman tersebut. Nah, rumah pohon Tahura Wan Abdul Rachman terletak di area penangkaran rusa dan rumah pohon tersebut berfungsi sebagai viewing platform. Lokasinya pun berada berseberangan dengan wilayah Taman Kupu – Kupu Gita Persada. Rumah pohon Tahura Wan Abdul Rachman merupakan tempat yang baru saja dibangun sejak tahun 2016.

Baca Juga: Teluk Kiluan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Rumah pohon Tahura Wan Abdul Rachman dibangun di atas pohon durian dengan ketinggian kurang lebih 6 meter. Nah, tepat di seberang pohon durian ini anda akan menemukan juga pohon jengkol dimana lokasi ini berguna untuk tempat pengambilan gambar.

Berapa Biaya Tiket Masuk Wisata Wan Abdul Rahman

Nah, untuk biaya sebenarnya sangat terjangkau karena anda hanya perlu membayar 10.000 saja dan ini sudah termasuk biaya parkir. Anda pun bisa bebas menikmati berbagai pemandangan yang ada di Tahura Wan Abdul Rachman.

Apa Saja Hal Yang Bisa Anda Lakukan di Tahura Wan Abdul Rachman?

Sebagai tempat wisata yang pastinya anda bisa menikmati pemandangan sekitar dari viewing platform rumah pohon, di Tahura Wan Abdul Rachman anda juga bisa beraktivitas di tempat penangkaran rusa. Anda bisa memberimakan rusa dengan membawa sendiri dari rumah atau bisa membelinya di area pasar yang dekat dengan penangkaran rusa.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika berwisata ke Tahura Wan Abdul Rachman bersama dengan keluarga tercinta, untuk buah hati bisa lebih terlatih tentang kecerdasannya, selain itu juga dapat berfungsi sebagai wadah untuk mengenalkan binatang dan hewan yang ada di  Tahura Wan Abdul Rachman.

Tahura Wan Abdul Rachman memiliki berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Saat ini di Tahura Wan Abdul Rachman ada sekitar 82 jenis burung, 266 jenis pohon serta 26 jenis satwa lainnya. Selain berkunjung pada rumah pohonnya anda juga bisa melakukan beberapa acara seperti berkemah atau bahkan mengikuti kegiatan masyarakat sekitar misalnya fieldtrip.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Potensi biotik yang terdapat di kawasan ini diantaranya dari jenis flora anda bisa menemukan tipe vegetasi yang didominasi oleh tanaman Medang, Rasamala, Merawan serta tanaman lain jenis anggrek serta pohon rotan. Untuk potensi fauna yang dimiliki di wilayah ini antara lain harimau loreng Sumatera yang merupakan hewan asli Sumatera, beruang madu, kambing hutan serta tapir.

Baca Juga: Pulau Untung Jawa, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

Saat ini banyak sekali pengunjung yang berkunjung ke Tahura Wan Abdul Rachman hal ini juga tidak lepas oleh pengaruh sosial media. Meskipun tempat ini cukup bagus, namun kurangnya fasilitas umum yang terdapat di tempat ini memang menjadi hal yang harus diperhatikan secara khusus oleh pemerintah terkait. Apabila anda ingin berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tetap membuang sampah pada tempatnya.

Pos terkait