Sumber Mata Air Way Sumpuk, Underwaternya Lampung

  • Whatsapp
Foto:@taftajani

Lampung ialah sebuah provinsi yang lokasinya berada di ujung timur pulau Sumatera. Provinsi yang terkenal sebagai penghasil lada dan kopi ini juga menyimpan berjuta pesona alam yang menakjubkan dan mempesona yang masih tersembunyi sehingga masih banyak wisatawan yang belum tahu akan keindahannya.

Baca Juga: Tugu Empat Marga atau Megow Pak Spot Foto Famous di Lampung

Bacaan Lainnya

Mulai dari wisata alam pantai dan danau, air terjun, gunung juga situs bersejarah, serta spot foto-foto menarik dan instagramable, dan lain sebagainya yang memanjakan mata. Salah satunya, di Lampung ada yang namanya Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus yang menjadi kawasan wisata yang menyegarkan guna melepas penat selama akhir pekan, dengan airnya yang super bening dan dingin menyejukkan.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Lokasi Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus, Lampung

Lokasi destinasi wisata ini ialah di Desa Umbul Buah, di Kecamatan Kota Agung, di kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Lokasi destinasi wisata alami ini berada di tengah-tengah perkebunan masyarakat  yang sekelilingnya ditumbuhi dengan berbagai pepohonan hijau.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Harga Tiket Masuk Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus, Lampung

Harga tiket masuk ke destinasi wisata ini adalah gratis dan bisa dikunjungi kapan saja secara bebas, selama 24 jam, hanya perlu membayar biaya parkirnya saja.

Rute Menuju Lokasi Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus, Lampung

Jalanan menuju ke tempat pemandian yang airnya segar, bening serta sangat bersih ini masih berbatu dan cukup berliku. Tapi begitu sampai langsung terbayarkan dengan keindahan pesona pemandangan dan kesejukan udara serta kejernihan airnya yang memanjakan raga dan menenangkan jiwa. Tempat wisata ini letaknya di desa Umbul Buah, di kecamatan kota Agung kabupaten Tanggamus, yang bisa dicapai dari pusat ibu kota Tanggamus, yakni dari Kota Agung dengan jarak tempuh selama kurang lebih sekitar 11 km. Jarak tempuh sepanjang itu bisa dilalui dengan waktu tempuh sekitar 20 hingga 25 menit saja dengan berkendara.

Hal Menarik di Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus, Lampung

Selain kesejukan udaranya maka hal yang paling mempesona dan menjadi keunggulan dari destinasi wisata Sumber  Way Sumpuk, Tanggamus ini ialah pada kejernihan airnya yang luar biasa bening. Sehingga segala hal yang terdapat di bagian dasarnya, termasuk berbagai jenis ikan warna warni yang berenang di dalamnya bisa terlihat dengan jelas. Pada bagian dasarnya terdapat juga beberapa benda seperti sepeda dan laptop juga tenda di bawah air yang bisa menjadi spot berfoto yang menarik di tempat ini. Bisa dibayangkan unik dan menariknya berfoto ria dikelilingi oleh ikan-ikan berwarna warni yang berenang di sekitar. Berbagai benda tersebut sengaja ditenggelamkan dan dipasang di bagian dasarnya untuk menambah daya tarik wisata di tempat ini. Bisa membawa kamera tahan air sendiri untuk mengambil foto unik dan menarik di bawah air. Saking bening dan jernihnya air di Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus ini bahkan jika batu atau tanah di bagian dasarnya diinjak pun tak akan membuat air menjadi keruh sama sekali. Tentunya kebersihan di lokasi wisata yang masih perawan dan alami natural ini harus dijaga bersama-sama, antara lain dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga tidak akan merusak keasrian pemandangannya. Sayangnya fasilitas di tempat wisata ini belum sepenuhnya lengkap. Para wisatawan harus membawa peralatan snorkeling sendiri saat berlibur di Way Sumpuk, Tanggamus ini, karena belum ada yang menyewakannya di tempat tersebut. Juga dengan kamera tahan air serta bantuan tenaga pemotretnya. Selain itu maka perlu membawa baju ganti juga karena pasti baju akan basah digunakan untuk bermain air di tempat wisata yang masih perawan dan memiliki air yang super jernih ini. Sangat disayangkan jika tak mencoba terjun ke air dan berenang di dalam air bening penuh ikan tersebut. Selain itu juga perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena masih jarang warung atau gerai jualan makanan di tempat wisata tersebut. Saat berenang tetap diperlukan kewaspadaan dan keterampilan karena meski saking jernih airnya sehingga nampak dangkal tapi tingkat kedalaman Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus ini juga cukup dalam, yakni sekitar 160 cm. Airnya sejuk dingin bening dan tenang. Pepohonan rindang yang ada disekitar lokasi ini juga menambah kesejukannya.

Bagi para pencinta koleksi fotogenik underwater wajib datang dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sumber Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus saat bertandang ke Lampung, Sumatera.

Pos terkait