Deretan Tempat Wisata di Solok Yang Paling Hits dan Populer

              271 Views

Tempat Wisata di Solok – Ciri khas Solok adalah hawanya yang lebih dingin dibandingkan kota-kota lain di Sumatera barat. Hal ini karena Solok berada di ketinggian 329-1458 meter di atas permukan laut. Selain hawanya yang dingin, Solok juga memiliki ciri khas sebagai penghasil beras terbesar Bareh Solok. Jika Anda berniat menjelajahi kota yang lebih dekat dengan Padang ini, jangan lupa untuk mengunjungi 12 tempat wisata elok dan tidak terlupakan berikut ini:

Puncak Gagoan

Untuk memastikan liburan Anda ke Solok lebih seru, mulai dengan mengunjungi tempat wisata cukup ekstrim, Puncak Gagoan. Tempat wisata ini sendiri merupakan sebuah tebing tinggi juga curam. Namun pesona keindahannya mampu membuat Anda betah di puncak. Pesona hijau membentang di bawah tebing, serasa permadani terbang di bawah kaki Anda. Belum lagi semilir angin yang membawa aroma pohon hutan, membuat Anda betah berjam-jam di atas ketinggian.

Danau Singkarak

Solok kaya akan tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Setelah Puncak Gogoan, Anda juga akan merasakan pesona yang sama pada Danau Singkarak. Danau yang memiliki air sangat jernih ini akan memberi sensasi healing dari segala penat pekerjaan selama satu minggu. Di atas permukaan air danau, ada banyak sampan nelayan yang sedang berburu ikan. Jika tidak keberatan, Anda dapat menumpang sampan mereka.

Air Terjun Kapalo Banda Kota Hilalang

Jika naik ke atas puncak tebing masih kurang menantang, Anda harus datang dan lihat langsung ke tempat wisata Air Terjun Kapalo Banda Kota Hilalang ini. Air terjun yang masih sangat alami ini tersembunyi di dalam hutan. Jika Anda tidak ingin melewatkan pemandangan yang menakjubkan ini, perjalanan cukup panjang selama satu jam harus Anda tempuh. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat Anda menikmati dinginnya air dan hijaunya pemandangan hutan di sekelilingnya.

Air Terjun Sarasah Batimpo

Tempat wisata yang satu ini menawarkan sensasi liburan yang sangat lengkap. Anda tidak hanya sekedar disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Namun Air terjun Sarasah Batimpo ini juga menjadi tempat pembibitan ikan yang banyak didatangi wisatawan. Juga perjalanan menuju air terjun ini menjadi kawasan trekking yang cukup menantang dan tentunya melelahkan. Anda bahkan dapat berlama-lama menikmati keindahan air terjun dengan berkemah.

Danau Talang Solok

Berada di kawasan perbukitan dan pegunungan yang masih sangat alami, Danau Talang ini menjadi tempat wisata yang sangat memuaskan. Terutama untuk Anda yang ingin menghilangkan penat dan memulai kembali semangat kerja yang telah terkikis lelah. Dengan kejernihan airnya yang menawan, Danau Talang harus dipastikan tidak boleh Anda lewatkan saat datang ke Solok. Pemandangan danau berpadu dengan latar belakang bukit dan gunung, menjadikan tempat wisata ini indah dan tidak terlupakan.

Danau Dieteh Danau Dibawah

Masih menawarkan keindahan danau di Solok yang tidak terlupakan, kali ini giliran Danau Dieteh dan Danau Dibawah yang akan memanjakan mata Anda. Lokasinya berada di Alahan Panjang. Danau Dieteh berdekatan dengan jalan Padang-Muara Labuh, sementara Danau Dieteh berdekatan dengan Nagari Bukit Sileh yang termasuk dalam Kecamatan Lembang Jaya. Pesona kedua danau ini tidak perlu ditanyakan lagi, Anda pasti dibuat takjub karenanya.

Kebun Teh Alahan Panjang

Masih berdekatan dengan lokasi Danau Dieteh, tempat wisata Kebun Teh Alahan Panjang juga tidak kalah seru untuk Anda jelajahi. Meski wisata kebun teh tidak lagi asing, bahkan ada di beberapa tempat di Indonesia, namun kebun teh yang satu ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sepanjang mata memandang, hanya ada hamparan pohon teh yang hijau menyegarkan. Selain dapat berselfie, Anda tidak perlu membayar untuk menikmati keindahan ini.

Puncak Happy Guguak Sarai Solok

Pesona Puncak Happy ini juga banyak dikenal sebagai Puncak Guuak Sarai. Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam belum terjamah ini, akan menghadirkan liburan ekstrim dengan latar belakang pesona alam yang membuat adrenalin Anda terpacu. Dari tempat parkir menuju ke lokasi, Anda harus melalui jalan menanjak kurang lebih 15 menit. Sesampai di puncak, rasa lelah Anda terbayar sudah dengan keindahan di depan mata.

Nagari 1000 Rumah Gadang

Datang ke Solok tanpa melihat pesona budaya yang menjadi ciri khasnya akan membuat liburan Anda tidak lengkap. Setelah menikmati pemandangan alam yang luar biasa, saatnya melihat langsung kekayaan budaya masyarakat Sumatera Barat terutama Solok. Singgahi Nagari 1000 rumah Gadang yang menjadi pusat cagar budaya Solok. Anda dapat melihat rumah-rumah megah khas masyarakat Sumatera. Terdapat 133 rumah dengan masing-masing ciri khasnya yang unik.

Masjid Agung Al Muhsinin

Solok sendiri menjadi basis umat muslim yang sangat besar di Sumatera Barat. Untuk mengetahui kebiasaan atau budaya religi dari masyarakat Solok, tidak ada salahnya jika Anda datang ke Masjid Agung Al Muhsinin. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Solok ini memiliki desain menarik yang memadukan antara arsitektur arab dan melayu. Menghadap ke Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, pastikan untuk singgah dan shalat di masjid terbesar Solok ini.

Puncak Gobah

Bagi para traveler yang menyukai tantangan, tempat-tempat wisata kekinian tidak menjadi target utama perjalanan. Namun destinasi kekinian yang ada di Solok ini harus Anda coba keunikannya. Puncak Gobah menjadi tempat liburan yang sedang populer di Solok. Jika Anda dapat naik ke ketinggian Nagari Aripan, maka pemandangan Danau Singkarak dapat terlihat dari jauh. Selain itu selama berada di ketingian, Anda dapat menikmati pesona alam di sekeliling yang sangat menawan.

Rumah Pohon Laing Park

Wisata populer lain di Solok yang hampir selalu dipadati pengunjung adalah Rumah Pohon Laing Park. Lokasinya cukup jauh jika ditempuh dari Solok. Meski terbilang baru, namun popularitas tempat wisata yang satu ini luar biasa, terutama dikalangan muda. Keunikan tempat wisata ini adalah rumah pohon yang dapat dinaiki hingga 5 dewasa dan 10 anak-anak. Dari rumah pohon ketinggian 10 meterĀ  ini Anda akan menikmati pemandangan Kota Solok yang sangat indah.

Demikian deretan tempat wisata di Solok yang dapat kita informasikan, bila ke Solok kamu bis mencoba Tempat Kuliner di Solok yang enak dengan menu yang menggugah selera makan kamu agar traveling kamu ke Solok terasa lengkap.

Tags: