Akses dan Harga Tiket Masuk Danau Bacan Sukabumi

              229 Views

Danau Bacan adalah salah satu tempat wisata yang belakangan ini sangat populer di Sukabumi. Hal ini disebabkan karena tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan dari segi kemunculannya.

Baca Juga: Lokasi, Akses dan Harga Tiket Masuk Curug Cikaso Sukabumi Terbaru

Lokasi

Danau Bacan adalah danau yang lokasinya di Bojong, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini biayanya sangat murah. bahkan tidak ada biaya retribusi yang akan dikenakan pada anda. Anda hanya perlu membayar biaya parkir dari Rp 2.0000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. Untuk bisa mengunjungi tempat ini anda juga tidak terbatas waktu, anda bisa datang dari jam 00.00 hingga jam 23.59. artinya tempat ini buka selama 24 jam karena memang masih merupakan tempat wisata alami.

Meski tempat ini buka 24 jam akan tetapi akan lebih baik bagi anda untuk mengunjungi tempat wisata ini pada siang hari atau pada hari sudah terang. hal ini disebabkan karena tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih berupa alam liar sehingga ada banyak ancaman hewan liar yang bisa ditemukan di sana.

Foto Danau Bacan:

Sumber Foto: @sukabumiexplore

Sejarah Danau Bacan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Danau Bacan adalah salah satu danau yang sangat unik. Keunikan yang dimiliki oleh danau ini bisa dilihat dari jejak sejarah yang dimilikinya. Danau Bacan dulunya adalah sebuah pertambangan. Akan tetapi pertambangan sudah tidak dilakukan sehingga tempat tersebut terbengkalai. Akan tetapi suatu ketika tempa ini menjadi sangat populer melalui sosial media di area tersebut. hal ini disebabkan karena tiba-tiba saja muncul genangan air di tambang tersebut.

Uniknya lagi air yang muncul di bekas tambang ini memiliki warna kehijauan mirip dengan warna dari Batu Bacan. Hal inilah yang menyebabkan danau ini disebut dengan Danau Bacan. Keberadaan danau ini disebabkan karena adanya air yang keluar dari dalam bumi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penambang yang dahulu mengeluh bahwa tempat tambangnya selalu tergenang air. bukti lainnya juga didapatkan dari keberadaan danau ini di musim kemarau. Di musim kemarau Danau Bacan tidak mengering bahkan airnya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Selabintana Sukabumi Terbaru

rute menuju Danau Bacan dari Jakarta

untuk anda yang akan ke Danau Bacan ini dari Jakarta rute yang bisa anda tempuh adalah rute lewat tol JORR keluar di Ciawi dari Ciawi lurus hingga ke Cibadak. Sesampainya di pasar Cibadak, anda bisa langsung mencari rute menuju ke pelabuhan ratu ke desa Bojong. Di desa ini anda bisa mencari jembatan Bojong. Di sana anda akan mendapatkan petunjuk arah ke spanduk Danau Bacan atau Danau Hijau ini.

tips wisata ke Danau Bacan

untuk anda yang ingin berwisata ke danau ini, maka ada beberapa tips yang perlu anda ketahui. Apa saja tips tersebut.

  • berhati-hatilah karena danau ini dahulu merupakan tempat pertambangan yang sudah ditinggalkan.
  • kondisi dari daerah ini bukan sepenuhnya merupakan tempat wisata sehingga tidak banyak fasilitas wisata yang dimilikinya. akan cukup sulit bagi anda untuk menemukan penginapan satu fasilitas umum seperti mushola di tempat wisata
  • pengelolaan mengenai keamanan juga belum diperhatikan jadi anda perlu waspada
  • yang terakhir hati-hati karena area ini merupakan area yang rawan longsor jadi jangan coba mendekati area-area yang sudah dilarang dengan menggunakan garis polisi.
Tags:
author

Author: