Liburan di Balikpapan,Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @stuarthurlbut

Indonesia memang tidak ada habisnya untuk tempat-tempat wisata. Seluruh wilayah yang ada di Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, daya tarik masing-masing daerah berbeda-beda. Tentu saja semuanya benar-benar membuat takjub para pengunjung. Kali ini kita akan bahas salah satu kota yang ada di Indonesia yakni Balikpapan. Balikpapan merupakan ibukota provinsi dari Kalimantan Timur dengan luas wilayah 503,3 km2. Ada banyak tempat wisata dan liburan di Balikpapan yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Kuliner di Balikpapan

Muat Lebih

Mempunyai wilayah yang tergolong luas membuat kota Balikpapan menyimpan banyak sekali potensi wisata. Keindahan alam yang eksotis dan banyak ragam wisata lainnya yang ada di kota ini. Seperti wisata budaya dan sejarah hingga wisata kuliner yang recommended untuk anda datangi. Nah, bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Balikpapan kami punya referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Yuk simak informasinya dibawah ini.

  • Pantai Kemala
Foto: @al_fendos

Pantai yang satu ini juga terkenal dengan nama lain yakni Pantai Polda dan juga merupakan salah satu pantai di Balikpapan yang selalu ramai pengunjung, baik itu dari dalam daerah ataupun wisatawan dari daerah lain. Pantai Kemala ramai pengunjung terlebih ketika akhir pekan dan musim liburan. Keindahan yang disuguhkan pantai ini memang membuat betah pengunjung berlama-lama berada disini. Pasirnya yang putih bersih membuat pengunjung nyaman bermain pasir dan air sepanjang hari, selain itu di Pantai Kemala juga ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan beragam menu mulai dari kuliner khas Balikpapan, makanan khas berbagai daerah di Indonesia hingga aneka menu makanan Eropa.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Kolam Renang Mulawarman Balikpapan

Kegiatan yang bisa pengunjung lakukan saat berlibur ke Pantai Kemala adalah duduk santai menikmati pemandangan, berenang, bermain wahana air seperti banana boat dan ada juga jetski. Harga untuk menikmati wahana air ini mulai dari 25 ribu sampai 80 ribu rupiah tergantung wahana permainannya. Lokasi tepatnya Pantai Kemala adalah di Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Selatan. Harga tiket masuk ke wisata ini sangat murah yakni hanya Rp. 500,- saja dan biaya parkir 2 ribu untuk mobil 1 ribu untuk motor.

  • Hutan Lindung Wain

Hutan ini merupakan hutan tropis yang masih sangat alami dan juga belum terjamah tangan usil manusia. Hutan Lindung Wain juga sangat cocok bagi anda yang ingin liburan di Balikpapan untuk menghilangkan penat bekerja. Tempat ini juga merupakan tempat yang melindungi flora fauna langka seperti bekantan, beruang, orang utan, kantong semar, dan lainnya. Ada juga tanaman endemik yang dilindungi di Hutan ini yang bernama Jahe Balikpapan. Luas hutan lindung ini sekitar 10.000 hektar. Nah, bagi pengunjung yang datang ke sini akan didampingi oleh pemandu wisata untuk mengitari Hutan Lindung Wain.

Sebelum berkunjung ke hutan ini ada 4 paket kunjungan yang bisa dipilih oleh tamu. Paket tersebut tergantung dengan jumlah tamunya. Paket A terdiri dari 1 – 6 pengunjung harganya kurang lebih 350 ribu dan untuk pilihan turnya ada 2 yakni Track-Eko-PLH-Kebun Raya. Pilihan kedua yakni Mangrove dan Selok Puda. Tepatnya lokasi Hutan Lindung Wain ini berada di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda.

  • Penangkaran Buaya Teritip
Foto: @sikin_gg

Tempat penangkaran buaya atau juga biasanya disebut taman buaya ini sudah berdiri semenjak tahun 1991 diatas lahan 5 hektar. Ada sekitar 1.450 ekor buaya ada di tempat ini dan terdiri dari buaya muara, buaya air tawar hingga buaya supit. Anda ingin liburan di Balikpapan lebih menantang maka ini adalah tempatnya. Saat anda berkunjung ke tempat ini ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan salah satunya menyaksikan pengelola memberi makan untuk buaya-buaya tersebut. Tidak hanya itu anda juga bisa menunggangi gajah lampung dan juga menyantap menu sate buaya yang dengan harga 3 ribu rupiah per tusuk.

Baca Juga: Wisata Teluk Seribu Balikpapan, Keliling Hutang Mangrove Sambil Melihat Lukisan Mendunia

Lokasi penangkaran Buaya Teritip ini berada di Jl. Mulawarman No. 66, Desa Teritip, Kalimantan Timur. Harga tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau yakni hanya 10 ribu rupiah saja. Nah, setelah anda puas berkeliling menyaksikan buaya yang ada di penangkaran ini sebelum pulang bisa membeli beragam pernak-pernik yang bertema buaya. Mulai dari tas, dompet, tali jam, ikat pinggang, dan masih banyak yang lainnya. Tempat penangkaran buaya ini buka tiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore WITA.

Pos terkait

Loading...