Liburan di Bontang, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @ardiardiyannc

Bontang merupakan salah satu kota yang berada dalam wilayah Kalimantan Timur  dan memiliki julukan yakni kota Taman. Di kota ini ada 3 perusahaan raksasa yang berdiri dan memiliki peran besar untuk perekonomian di kota Bontang sendiri maupun negara Indonesia. Perusahan besar tersebut adalah Badak NGL (gas alami), Pupuk Kaltim, dan Indomico Mandiri.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Taka Bone Rate Terbaru

Muat Lebih

Tidak hanya terkenal karena adanya perusahaan besar berdiri disini, namun kota Bontang juga mempunyai daya tarik di bidang wisata yang tak kalah dari kota lainnya yang ada di Indonesia. Perlu anda ketahui wilayah pesisir pantainya sangat bersih dan juga landai sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk liburan di Bontang. Tidak hanya wisata saja potensi lain yang dimiliki Bontang adalah kaya akan hasil lautnya seperti ikan dan juga rumput laut yang dipasarkan hingga ke berbagai negara di dunia.

Baca Juga:Akses dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Wakatobi Terbaru

Nah, anda tertarik liburan ke kota Bontang? Jika iya, kami punya beberapa tempat wisata paling recommended yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Bontang. Apa saja? Yuk simak langsung dibawah ini.

  • Pantai Pulau Beras
Foto: @lisoutraveller8

Salah satu wisata favorit dan populer yang ada di Bontang yakni Pantai Pulau Beras. Bahkan saking populernya pantai ini hampir setiap hari ramai oleh pengunjung dan tidak pernah sepi. Lalu kenapa namanya Pantai Pulau Beras? Menurut cerita masyarakat sekitar dahulu ada sebuah kapal yang membawa muatan berupa beras tetapi kapal tersebut tiba-tiba karam. Beras yang dibawa kapal tersebut berubah menjadi gundukan pasir. Itu menurut legendanya ya, tapi dibalik semua cerita tersebut Pantai Pulau Beras memang sangat indah karena memiliki pasir sangat putih serta air laut yang jernih sekali.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke pantai ini bisa melalui dermaga Badak NGL dengan waktu tempuh 15 menit dan bisa juga melalui dermaga lain seperti dermaga tanjung limau dan dermaga tanjung laut. Dari dermaga tersebut pengunjung harus naik kapal selama 1 jam kurang lebih untuk sampai di lokasi wisata. Harga kapalnya sekitar 400 sampai dengan 600 ribu rupiah pulang pergi. Saat sampai di Pantai Pulau Beras pengunjung akan langsung disuguhkan keindahan laut seperti ikan kecil yang berenang bebas dan ada juga bulu babi yang lucu. Namun anda tetap harus hati-hati ya dengan bulu babi.

  • Taman Nasional Kutai (TNK)
Foto: @zakycilin

Tempat liburan di Bontang selanjutnya yang patut untuk anda kunjungi adalah Taman Nasional Kutai. Nah, taman ini merupakan andalan bagi provinsi Kalimantan Timur. Selain menjadi tempat wisata taman ini juga dijadikan sebagai tempat rehabilitasi orang utan yang semakin hari semakin langka. Tidak hanya itu Taman Nasional Kutai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan, tempat penelitian, dan pendidikan alam.

Ada banyak tumbuhan yang bisa anda temui saat berkunjung ke taman ini yang rata-rata memang sudah mulai langka bahkan ada beberapa tumbuhan yang tidak ada di hutan lindung lainnya di Indonesia. Bagi anda yang ingin masuk ke lokasi Taman Nasional Kutai harus membayar tiket seharga 10 ribu rupiah per orang saat hari kerja dan 15 ribu per orang saat hari libur. Berbeda dengan wisatawan asing atau mancanegara akan dikenakan tiket masuk sebesar 200 ribu per orang dan 300 ribu rupiah per orang saat hari libur.

  • Bontang Koala
Foto: @estiike

Tempat ini merupakan perkampungan air atau disebut juga dengan desa nelayan yang belakangan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hal menariknya dari Bontang Koala adalah pemukiman penduduk yang terapung diatas air. Tapi berbeda dengan desa nelayan lainnya yang identik dengan kumuh, tempat ini malah sangat bersih dan juga rapi.

Bagi anda yang tertarik liburan di Bontang dan ingin menjelajah Bontang Koala sebaiknya cukup berjalan kaki saja. Karena mobil dilarang memasuki pemukiman tersebut kecuali motor masih diperbolehkan. Itulah sebabnya di Bontang Koala disediakan lahan parkir untuk kendaraan roda empat. Nah, akses ke tempat ini tidak sulit hanya butuh waktu 10 menit ke arah Timur kota Bontang naik motor. Selain menikmati keindahan pemandangan pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Bontang yang enak.

Untuk anda yang mencari penginapan saat liburan ke Bontang jangan khawatir ada banyak sekali penginapan dan hotel yang tersebar di kota Bontang. Tentu saja penginapan tersebut dekat dengan berbagai lokasi wisata di Bontang. Fasilitas yang disediakan juga beragam sesuai dengan harganya. Harga penginapan di Bontang bervariasi mulai dari 300 ribu rupiah per malam.

Pos terkait

Loading...