Pulau Payung Besar, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Payung Besar

Bagi anda warga Kota Jakarta yang ingin pergi ke suatu tempat untuk menghilangkan penat bisa dengan berkunjung ke pulau seribu. Disini, anda bisa menikmati nuansa alam yang indah dan sejuk. Tidak hanya itu, lokasinya juga mudah dijangkau. Hadirnya pulau seribu ini dapat menghilangkan anggapan tentang kota Jakarta yang penuh kesibukan. Sesuai dengan namanya, pulau seribu memiliki banyak gugusan pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut juga indah dan sedap dipandang mata. Pada dasarnya, kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau terumbu karang. Pengembangan wilayah pulau seribu ini memang diarahkan untuk tujuan tertentu, seperti; untuk meningkatkan kegiatan pariwisata, meningkatkan kualitas kehidupan pada masyarakat nelayan dengan cara meningkatkan budidaya laut, memanfaatkan sumber daya perikanan yakni dengan konservasi ekosistem terumbu karang serta mangrove.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Secara administrasi , luas wilayah kepulauan seribu yaitu 869,61 Ha, terbagi dalam 2 kecamatan dan 110 pulau. Sekalipun namanya pulau seribu, bukan berarti jumlah pulau-pulau yang di dalamnya berjumlah 1000. Jumlah pulau sekitar 342, termasuk juga pulau terumbu karang dan pulau pasir yang masih bervegetasi ataupun tidak. Untuk pulau pasir dan terumbu karang kurang lebih berjumlah 158.

tiket masuk pulau payung besar
Foto:@pesona.travel_id

Baca Juga: Berikut Daftar Pulau-Pulau Indah di Karimunjawa

Untuk keadaan fauna di kepulauan seribu ini terbagi dalam 2 bagian, yakni; fauna yang hidup di daratan pulau dan fauna yang hidup di dalam lautan. Sementara flora yang paling dominan adalah pohon kelapa, nyamplung, (kayu naga dan bakau). Ada juga tanaman palawija, buah-buahan yang berupa semak. Selain flora dan fauna, keadaan air tawar di kepulauan seribu ini memiliki kadar garam yang tinggi, artinya airnya asin dan tentunya tidak dapat diminum. Namun, ada pulau-pulau tertentu yang memiliki sumber air tawar. Pulau-pulau tersebut antara lain; Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau putri, Pulau Elang, Pulau Karya, Pulau Air besar. Untuk kegiatan ekonomi di kepulauan ini terbagi dalam 3 kategori yaitu; nelayan, perkebunan dan pertanian, serta perdagangan-industri.

Kilometer kepulauan seribu adalah wilayah kepulauan yang berupa gugusan pulau karang. Beberapa gugusan kepulauan tersebut antara lain; Pulau Kahyangan, Pulau Edam, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Rambut, Pulau Pantara Timur, Pulau Untung Jawa, Pulau Subaru, Pulau Ubi Kecil, Pulau panggang, Pulau Pari, Pulau Saktu, Pulau Penike, Pulau Puteri, Pulau Pelangi, Pulau Payung Besar, Pulau Melinjo, Pulau Matahari, Pulau Sabira, Pulau Anyer, dan masih banyak lagi. Pulau-pulau tersebut tidak semuanya didiami oleh manusia, namun sebagian besar pulau tersebut tidak berpenghuni.

Pulau Payung Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Pulau Payung Besar adalah salah satu pulau yang terdapat dalam gugusan Kepulauan Seribu. Jarak dari Pantai Ancol kurang lebih 52,2 km. Pulau ini juga menjadi tujuan wisata laut dan dikelola dengan sangat baik. Fasilitas yang tersedia disini yaitu fasilitas perkemahan, serta olahraga. Disini, anda bisa menyewa fasilitas yang disediakan, seperti fasilitas perkemahan dan olahraga. Harga sewa yaitu Rp. 20.000 paling tinggi, namun untuk sekarang mungkin harganya sudah lebih tinggi/mahal. Harga Rp. 20.000 ini yaitu menurut data tahun 1989. Untuk perjalanan menuju Pulau Payung Besar bisa ditempuh dengan kapal motor dengan biayanya Rp. 15.000. Harga tersebut juga bisa berubah, dan pasti lebih mahal untuk sekarang.

Selain mengunjungi Pulau Payung Besar, anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau lainnya disana. Di kepulauan seribu, anda tidak hanya menikmati wisata alam, namun juga menikmati wisata ilmu pengetahuan dan wisata budaya. Artinya, selain berwisata, anda juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang; penangkaran penyu sisik juga penyu hijau, belajar tentang beberapa tumbuhan langka seperti butun, waru, cemara laut, nyamplung, dan pohon yang usianya sudah ratusan tahun yang masih ada di kepulauan seribu, belajar tentang kawasan konservasi hutan mangrove, dan masih banyak lagi yang bisa anda pelajari. Sementara itu, dalam hal budaya, kepulauan seribu menawarkan keunikan tersendiri yang berkaitan dengan sejarah bangsa. Ada beberapa pulau yang memang memiliki bangunan bersejarah, misalnya; pulau kelor, pulau kahyangan, pulau Onrust dan pulau bidadari. Di kepulauan seribu, anda juga bisa menikmati wisata bawah laut dimana ada spot-spot istimewa yang bisa anda jelajahi. Ada terumbu karang yang sangat indah, ikan-ikan cantik, juga biota laut yang masih langka.

Pos terkait