Akses dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Terbaru

  • Whatsapp

Taman Nasional Komodo adalah salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi bagi anda masyarakat Indonesia. Mengapa? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Bacaan Lainnya

Tentang Taman Nasional Komodo

Hal pertama yang akan kita bahas mengenai Taman Nasional Komodo adalah mengenai asal usulnya. Taman Nasional Komodo merupakan sebuah taman nasional yang memiliki Pusat di Gunung Rinjani. Lokasi dari Taman Nasional Komodo ini ada di Lombok, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini merupakan salah satu cagar alam yang besar untuk binatang dan juga tanaman. Salah satu binatang yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Komodo ini adalah komodo.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Misool Papua, Nikmati Qtime Anda dengan Keindahannya

Di Taman Nasional Komodo ini ada lebih dari 4 ribu ekor komodo yang hidup. Seperti yang kita tahu komodo merupakan salah satu binatang buas yang cukup berbahaya. Satu kali gigitan dapat menewaskan mamalia yang memiliki ukuran yang besar. Oleh karena itu ketika ke sana nada akan ditemani tour guide untuk menjaga keselamatan karena komodo adalah salah satu jenis hewan predator yang cukup berbahaya.

Taman Nasional Komodo ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi komodo sebagai satwa yang terancam punah. Karena keberhasilannya dan karena banyaknya satwa komodo yang bisa hidup di sana, maka Taman Nasional Komodo ini dikukuhkan oleh UNESCO sebagai taman warisan dunia pada tahun 1991.

Baca Juga: Lokasi Honeymoon di Indonesia Yang Paling Romantis Yang Patut Kamu Kunjungi

Sport wisata

Di Taman Nasional Komodo ini ada banyak sport wisata yang bisa anda kunjungi, antara lain adalah :

  • Loh liang
Jika berkunjung ke Loh Liang para wisatawan akan menemuai mascod taman nasional komodos , foto by @akiewzious

Loh liang merupakan tempat pengamatan komodo dan juga satwa lainnya dan juga melakukan pendakian

  • Pantai merah atau pink Beach
Foto by @iwwm

Merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal. Pantai ini terkenal dengan pasir yang yang memiliki warna merah atau pink. Selain itu pantai ini juga memiliki perairan yang dangkal sangat cocok untuk diving dan sun bathing

  • Loh Sebita
Foto: @langkahjauh

Loh Sebita adalah daerah mangrove bisa digunakan untuk tracking dan juga pengamatan satwa burung yang banyak di sana.

  • Loh buaya
Foto:@travastaid

Loh buaya ini lokasinya di Pulau Rinci merupakan tempat untuk menyaksikan ragam tempat menarik seperti Padang savana, hutan bakau dan juga hewan liar seperti komodo, rusa, kerbau, dan juga banyak burung lainnya.

  • Pulau Padar
Foto:@anjanitrip

Pulau ini lokasinya ada di antara pulau komodo dan Pulau Rinci. Ada banyak pantai yang sangat indah, kegiatan wisatanya adalah diving dan snorkeling.

  • Pulau Rinca
Foto: @travel_komodo

Di sini terdapat kawasan Loh Liang yang bisa kamu kunjungi untuk melihat komodo langsung dari jarak dekat (2-3 meter). Di Loh Liang, terdapat sekitar 2.000 komodo dan kamu disarankan datang sebelum siang hari untuk melihat komodo yang sedang aktif bergerak, sehingga mudah untuk berinteraksi.

  • Goa Bantu Cermin
Foto:@nttadventure

Jaraknya hanya sekitar 6 km dari Labuan Bajo dan bisa ditempuh selama 20 menit berkendara. Disebut “Batu Cermin” karena banyaknya sinar matahari yang menembus gua, kemudian membuat batu-batu di dalamnya memantulkan sinar bagai cermin.

  • Manta Point
Foto: @jackson.groves

Sesuai namanya, di Manta Point kamu bisa menemukan banyak ikan pari manta yang hidup bebas.

  • Pulau Kalong
Foto: @dinawindow

Selain komodo, di Labuan Bajo juga kamu bisa melihat kumpulan kelelawar. Cobalah berkunjung ke Pulau Kalong, bisa ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Labuan Bajo. Datanglah saat sore hari agar kamu bisa melihat kelelawar melakukan aktivitas.

  • Pantai Pede
Foto: @lasugondo

Saat sore menjelang malam, kamu harus menyaksikan matahari terbenam dari spot terbaik di Labuan Bajo, yaitu Pulau Pede. Kamu bisa menempuh perjalanan ke pulau ini sekitar 21 menit dari pusat kota. Di Pulau Pede, kamu bisa menikmati kecantikan sunset sambil melihat siluet perahu nelayan yang baru berlayar dari kejauhan.

Aktivitas wisata

Ketika anda di Taman Nasional Komodo ini ada banyak sekali kegiatan wisata yang bisa anda lakukan. Hal ini disebabkan karena Taman Nasional Komodo memiliki area  yang sangat luas dan memiliki alam yang masih terjaga kealamiannya. Lalu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sini? Berikut ini adalah list kegiatan yang bisa anda lakukan di sini.

  • Mengamati komodo
  • Melihat keindahan alam di taman nasional komodo
  • Snorkeling
  • Diving di pink Beach

Di pink Beach ada banyak spesies ikan yang indah, banyak sponge dan juga terumbu karang. Hal ini menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wajib yang harus anda kunjungi karena menawarkan wisata langkap bagi anda.

Foto -Foto Taman Nasional Komodo:

Salah satu spot wajib ke Komodo, pulau padar by @furstset
Salah satu spot favorit saat berkunjung ke TNK by@komodotrip_id
foto:@kingcastleadventure
Icon Taman Nasional Komodo by @fatma_isna

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Kuliner di Kupang

Tiket dan transportasi

Untuk harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo ini adalah Rp 90.000 setiap orang. Harga ini sudah termasuk wisata tracking dan juga kunjungan ke Pulau Rinci dan Pulau Tadar. Untuk anda yang ingin ke Taman Nasional Komodo ini perjalanan bisa di mulai dari Lombok ke pulau komodo atau dari Kupang ke Ende menggunakan pesawat. Setelah itu ke Labuhan Bajo lalu melakukan perjalanan selama 10 jam dengan menggunakan mini bus lalu ke pulau komodo dengan menggunakan speedboat. Sangat mudah bukan?

Pos terkait

Loading...