Wisata Malam di Pecinan, Semarang

  • Whatsapp
Foto: @johanes_hans

Kawasan Pecinan Semarang merupakan salah satu kawasan terbaik yang bisa anda gunakan untuk melakukan wisata malam di Semarang. Pasalnya ada banyak hal menarik yang mungkin anda akan temukan di sana. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga: Liburan di Semarang, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Muat Lebih

Informasi umum dari Kawasan Pecinan Semarang

Kawasan Pecinan Semarang disebut demikian karena tempat ini merupakan sebuah daerah yang dihuni sebagian besar oleh orang Tionghoa. Hal inilah yang menyebabkan area ini disebut dengan Kawasan Pecinan atau China Town di Semarang. Lokasi dari Kawasan Pecinan Semarang ini ada di Jl Beteng, Kranggan, Semarang.

Di Kawasan Pecinan Semarang ini ada banyak hal yang menarik. Selain sejarahnya, kawasan yang memiliki gaya China ini juga memiliki kelebihan dari segi keindahan bangunan, suasana yang berbeda dan tempat wisata yang unik, menarik dan memuaskan.

Baca Juga: Curug Gondoriyo, Wisata Baru di Semarang Yang Hist dan Populer

Sejarah dari Kawasan Pecinan Semarang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kawasan Pecinan Semarang merupakan kawasan yang memiliki penduduk mayoritas Tionghoa. Keberadaan penduduk ini di tempat ini bukan tanpa sebab. Keberadaan masyarakat Tionghoa yang menetap di area ini disebabkan karena sejarah masa lalu. Berkumpulnya masyarakat Tionghoa di Indonesia di area ini salah satunya disebabkan karena terjadinya pemberontakan warga Tionghoa di Batavia pada tahun 1700-an. Untuk lebih mudah menghimpun kekuatan, maka mereka menduduki salah satu daerah yaitu di Kawasan Pecinan Semarang ini.

Daya tarik utama Kawasan Pecinan Semarang

Saat ini meski sudah tidak ada pemberontakan, area ini masih menjadi area yang menarik karena memiliki mayoritas penduduk Tionghoa. Beberapa hal menarik adalah keberadaan banyak kuil yang dimilikinya dan juga keberadaan Pasar Semawis.

Pasar Semawis adalah salah satu ikon dari Kawasan Pecinan Semarang ini. Pasar ini hanya buka pada hari Jumat hingga hari Minggu pada jam 6 sore hingga jam 11 malam. Di dalam pasar ini ada banyak sekali jenis makan dan jajanan yang bisa anda coba. Selain menikmati jajanannya, anda juga bisa mengunjungi klenteng dan berfoto di tempat-tempat yang anda anggap memiliki spot yang terbaik. Tapi meski anda bisa memotret jangan lupa dengan tata krama ya! Ingat di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung!

Biaya masuk Kawasan Pecinan Semarang

Kawasan Pecinan Semarang merupakan salah satu tempat yang sangat populer bagi para pendatang untuk berburu makanan di malam hari. Artinya di sini ada banyak sekali jenis makanan yang mungkin bisa anda coba, jadi tidak hanya melulu lunpia ya! Untuk bisa jajan di tempat ini anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk. Artinya biaya masuknya adalah gratis. Akan tetapi untuk membeli makanan tetap akan dibutuhkan biaya ya! Harga makanan di sini juga sangat beragam tergantung dengan penjual yang anda datangi.

Rute kunjungan ke Kawasan Pecinan Semarang

Untuk bisa menikmati wisata baik wisata budaya dan juga wisata kuliner di Kawasan Pecinan Semarang ini anda bisa menggunakan 4 jalur. Jalur yang bisa digunakan untuk sampai ke Kawasan Pecinan Semarang ini antara lain adalah :

  • Jalur pertama

Jalur ini ditempuh dari Jl Gajahmada ke Jl Kranggan dan akhirnya ke Jl Benteng

  • Jalur kedua

Jalur ini ditempuh dari Jl Gajahmada ke Jl Wotgandul ke Jalan Wotgandul Timur

  • Jalur ketiga

Jalur ini ditempuh dari Jl KH Agus Salim ke Jl Pekojan dan akhirnya ke Jl Gang Pinggir

  • Jalur keempat

Jalur keempat dimulai dari Jl Jagalan ke Jl Ki Mangunsarkoro dan berakhir ke Jl Gang Pinggir

Jika dirasa kuliner di pecinan kurang puas sobat Triper bisa mencoba tempat kuliner di semarang lainnya, semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia jadi wisata kulinernya juga buanyak.

Pos terkait

Loading...